Macam2 Buah yang Baik untuk Ibu Hamil

Selain mengonsumsi sayuran, para ibu hamil juga disarankan untuk lebih sering mengonsumsi berbagai macam buah yg baik untuk ibu hamil. Pasalnya seorang ibu hamil tentunya membutuhkan nutrisi yang cukup untuk bisa membuat tubuhnya tetap sehat dan menjaga kondisi janin yang ada di dalam kandungannya. Kebutuhan nutrisinya pun tentu lebih banyak ketimbang wanit yang sedang tidak hamil, karena pastinya selama masa kehamilan kondisi sang ibu pun akan sangat terpengaruh kondisi janin yang berada di dalam kandungan.

Maka dari itu biasanya seorang ibu hamil disarankan untuk memakan berbagai jenis makanan sehat dan juga yang memiliki khasiat untuk ibu hamil. Beberapa jenis makanan tersebut seperti oats, kacang-kacangan, daging, ikan, sayuran, dan berbagai macam buah-buahan untuk memenuhi asupan nutrisi dan juga vitamin. Namun demikian, meskipun ada cukup banyak jenis buah yang disarankan untuk ibu hamil ternyata ada juga loh beberapa jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi oleh seorang ibu hamil. Nah, beberapa jenis buah-buahan yang boleh dan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil tersebut akan kita bahas lebih lanjut pada artikel kali ini.

5 Jenis Buah yg Baik untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, seorang ibu hamil pasti akan bayak mengalami perubahan fisik dan psikologis yang akan berdampak terganggunya dan berubahnya beberapa fungsi tubuh. Hal ini tentu mengakibatkan keseharian ibu akan cukup terganggu, apalagi jika asupan nutrisi, gizi dan vitaminnya tidak tercukupi. Maka dari itu, buah-buahan adalah salah satu jenis makanan yang sangat baik sebagai pengganti makanan camilan bagi ibu hamil, karena buah-buahan jauh lebih sehat dan memiliki banyak kandungan yang memang dibutuhkan oleh ibu dan juga untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan. Dan sebelum membahas tentang beberapa buah yang dilarang untuk ibu hamil, berikut ini adalah beberapa jenis buah yang baik untuk ibu hamil.
  1. Kurma
Buah yang identik dengan negara Arab ini memang memiliki banyak kandungan gizi yang berkhasiat bagi ibu hamil. Beberapa kandungan gizi di dalam buah kurma ini diantaranya adalah kalium, serat, mangan, fosfor, besi, belerang, magnesium, dan kalsium. Beberapa mineral seperti zat besi adalah salah satu yang bermanfaat bagi seorang ibu hamil. Pasalnya zat besi ini bisa membantu tubuh memproduksi hemoglobin, sehingga ibu hamil bisa terhindar dari kemungkinan terkena anemia. Selain itu rasa kram yang sering dialami ibu hamil juga bisa teratasi dengan kalium yang ada pada buah kurma. Dan selain bisa menjadi makanan yg baik untuk ibu hamil trimester pertama, kurma juga disarankan bagi Anda yang sudah memasuki masa kehamilan trimester akhir karena vitamin B dalam buah kurma bisa membantu sang ibu memperkuat dinding rahimnya.
  1. Alpukat
Buah selanjutnya adalah alpukat, salah satu buah yang rasanya lezat dan berasal dari negara Meksiko. Dan ternyata selain rasanya yang lezat dan juga bisa digunakan untuk perawatan kecantikan, gizi yang terkandung dalam alpukat ternyata bisa membantu menjaga kesehatan ibu hamil. Hal ini dikarenakan buah alpukat mengandung asam folat, kalium dan vitamin B kompleks, di mana zat-zat tersebut memang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuh dan berkhasiat untuk tumbuh kembang janin. Asam folat adalah salah satu zat yang sangat bermanfaat bagi janin karena bisa membantu perkembangan otak dan tulang elakangnya. Apalagi pada trimester pertama, buah yg baik untuk ibu hamil ini bisa membantu mengatasi rasa mual dan muntah.
  1. Manggis
Di urutan ketiga ada buah manggis, buah yang berwarna ungu dan memiliki kandungan vitamin C tinggi. Dan ternyata vitamin C yang ada dalam hamil mampu membantu elastisitas kulit tubuh ibu hamil selama masa kehamilan karena biasanya kondisi tubuh sang ibu semakin hari akan semakin membesar. Selain itu di dalam buah yang rasanya unik ini juga sama dengan alpukat karena memiliki kandungan asam folat yang banyak bermanfaat bagi perkembangan janin. Janin akan terhindar dari risiko terlahir prematur ataupun terlahir cacat. Sedangkan mangan akan berfungsi sebagai pelindung tubuh dan juga sang janin dari gangguan radikal bebas.
  1. Naga
Bukan ular naga, tetapi buah yg baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah buah naga. Buah naga adalah salah satu jenis buah yang memiliki rasa cukup unik. Khasiatnya sangat banyak, terutama untuk kesehatan, dan salah satunya untuk ibu hamil. Bagi ibu hamil yang sering merasa ada dahak yang mengganjal, maka dengan mengonsumsi buah naga ini akan memantu sang ibu untuk mengeluarkan dahak tersebut. Keuntungan lainnya adalah buah yang satu ini jarang sekali menggunakan pestisida atau sejenisnya. Hal ini dikarenakan kulit buah naga cukup tebal, sehingga sangat aman sebagai salah satu makanan yg baik untuk ibu hamil terutama pada trimester pertama.
  1. Apel
Kebanyakan orang menyukai jenis buah yang satu ini, pasalnya buah yang memiliki warna merah, hijau atau kuning ini memiliki rasa yang lezat dan juga mudah dimakan. Banyak sekali vitamin-vitamin dalam buah apel yang dibutuhkan oleh ibu hamil, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan juga vitamin C. Bagi ibu hamil, kandungan serat yang tinggi pada apel juga membuat buah ini sangat baik untuk mengatasi penyakit diare atau sembelit. Dan bagi Anda yang suka makan camilan, lebih baik ganti camilan Anda yang mungin tidak sehat dengan buah apel. Pasalnya buah apel ini juga memiliki kandungan gizi yang dibtuhkan oleh ibu hamil untuk tetap menjaga berat badan idealnya.

Jenis Buah yang Dilarang untuk Para Ibu Hamil

Nah, setelah membahas mengenai 5 buah yg baik untuk ibu hamil tadi, kini saatnya kita membahas juga beberapa jenis buah yang dilarang atau tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Buah apa saja itu? Dan mengapa tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil? Nah, jenis buah pertama yang sangat tidak disarankan untuk para ibu hamil adalah buah nanas. Kandugan bromelain yang ada pada nanas ini dinilai menjadi salah satu penyebab terjadinya persalinan dini atau bahkan keguguran. Selain itu ternyata buah pepaya juga mengandung zat bernama lateks yang bisa memicu ibu hamil mengalami kontraksi, sehingga akibatnya sama dengan jika ibu hamil mengonsumsi nanas, yaitu persalinan dini atau keguguran.
Itu tadi adalah penjelasan singkat kami mengenai beberapa buah yang baik untuk ibu hamil dan beberapa yang sangat tidak disarankan untuk para ibu hamil. Dan yang perlu Anda ingat adalah, jangan lupa untuk selalu mencuci atau membersihkan buah yang akan Anda makan terlebih dahulu meskipun dari luar terlihat bersih. Ingatlah bahwa kebersihan makanan dan minuman adalah salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan para ibu hamil.

Comments